Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Kamis, 15 Oktober 2009

GHOST HUNT




Nothing can ever replace the days we lived with certainly.

Ghost Hunt berasal dari novel "Akuryou Series" karya "Ono Fuyumi" [Juuni Kokki]. Novel Akuryou Series pertama berjudul "Akuryou ga Ippai!?" diterbitkan tahun 1989, judul-judul berikutnya adalah "Akuryou ga Hontou ni Ippai!?, Akuryou ga Hontou ni Ippai de Nemurenai!?, Akuryou wa Hitoribocchi, Akuryou ni Naritakunai!, Akuryou to Yobanaide". Gaya Penceritaan novel ini mengambil sudut pandang Mai, sedangkan sudut pandang Ghost Hunt Series adalah sudut pandang orang ketiga.

Novel Ghost Hunt kemudian diangkat ke manga oleh "Inada Shiho". Manga Ghost Hunt awalnya diserialisasikan di majalah AMIE, lalu pindah ke majalah Nakayoshi terbitan Kodansha. Sedangkan Animenya ditayangkan sejak 3 Oktober 2006 oleh TV Tokyo. Anime diproduksi oleh "J.C Staff Rei" didukung "Kamishiro Tsutomu". "Iwataki Satoshi" dipercaya membuat karakter desain Naru dkk. Musik digarap oleh "Masuda Toshio" [Excel Saga, Naruto, Mushishi].

You said you've to go, and I was too weak to stop you...

Percaya atau tidak alam gaib itu eksis di dunia ini. Dunia tersebut berdampingan dengan alam manusia menyebabkan sering terjadi kontak antara keduanya. Akibat kontak itu terjadilah fenomena gaib yang kadang mengganggu kehidupan manusia. Karena itulah keberadaan Shibuya Psychic Research [SPR] dibutuhkan. SPR yang dipimpin Shibuya Kazuya [Naru] dibantu Lin Kojou sedang menyelidiki fenomena gaib di gedung lama milik sekolah. Taniyama Mai adalah murid di sekolah itu, ia tidak peduli dengan alam gaib sampai suatu saat Lin terluka gara-gara kecerobohannya sehingga Mai terpaksa menjadi asisten Naru. Kasus di sekolah Mai ternyata adalah fenomena "Poltergeist" dari seorang murid yang mengaku punya indera keenam. Setelah penyelidikan di sekolahnya selesai, Naru meminta Mai bekerja part time di kantor SPR. Dalam menangani kasus, SPR dibantu para cenayang lainnya seperti Takigawa Houshou, John Brown, Matsuzaki Ayako, dan Hara Masako.

SPR menangani berbagai kasus fenomena gaib, mulai yang ringan sampai yang berat bahkan mengancam nyawa. Mereka pernah menyelidiki misteri pelemparan balon air yang hanya dialami pasangan kekasih di taman. Ternyata pelakunya adalah roh wanita yang meninggal gara-gara kecelakaan namun masih dendam pada mantan pacar yang mengkhianatinya.

Kasus lain di sebuah sekolah terjadi penampakan hantu-hantu yang menakutkan. Tadinya Naru menolak menanganinya, tapi akhirnya menerima setelah Yasuhara Osamu selaku Ketua OSIS sekolah tersebut datang memohon langsung kepadanya. Ternyata pangkal masalah sekolah tersebut adalah kutukan yang muncul dari permainan Jelangkung yang dilakukan hampir semua murid. Kasus berikutnya adalah kasus yang paling menyeramkan menurut polling yang dilakukan pada para fans Ghost Hunt whwhw. SPR menyelidiki rumah tua atas permintaan mantan perdana menteri. Selain SPR, beberapa cenayang juga hadir, termasuk psychic terkenal dari Inggris, Oliver Davis, walaupun sebenarnya dia palsu... [ew..]. Naru yang benci publikasi meminta Yasuhara ikut sebagai dirinya, sedangkan ia menyamar jadi pegawai SPR Narumi Kazuo. Baru menginjakkan kaki di rumah itu saja Mai dan Masako sudah mencium bau darah. Bahaya mulai muncul ketika satu persatu tamu hilang. Mai melihat mimpi aneh dan menyeramkan dirinya hendak dibunuh. Naru meminta Masako melakukan pemanggilan arwah, ditentang mati-matian oleh Mai yang tak mau Masako mengalami ketakutan seperti dirinya. Nantinya diketahui yang menghantui rumah tersebut adalah arwah pendiri rumah tersebut, Miyama Kaneyuki. Akhirnya rumah tersebut dibakar agar roh Kaneyuki tidak bisa bangkit lagi.

Saat ini SPR diminta menyelidiki rumah keluarga Yoshimi yang katanya terkutuk. Terdapat tulisan aneh di badan salah satu anak keluarga Yoshimi. Binatang peliharaan ditemukan mati terbunuh, lalu isu adanya hantu. Bahkan beberapa anggota keluarga juga ada yang kerasukan. Situasi memburuk setelah Naru kemasukan roh, ia nyaris membunuh Ayako kalau tidak dicegah Lin dengan menaruh 5 "Shikigami" miliknya untuk menjaga Naru. Menurut penyelidikan Yasuhara, di daerah tersebut banyak legenda pembunuhan. Seperti putri dan kekasihnya bunuh diri terjun di laut setelah sang kekasih membunuh pangeran yang mengincar putri, lalu pengembara yang dibunuh karena memiliki patung Budha emas. Sebenarnya apakah yang menghantui rumah keluarga Yoshimi? Benarkah kejadian itu disebabkan kemarahan dewa setempat yang menginginkan persembahan?[Animonster]

The short tale of you and me is now ending while still a dream.

Shibuya Kazuya









Naru sejak kecil bisa menimbulkan poltergeist karena kekuatannya yang besar. Takut karena kekuatannya sendiri, Naru "membangun dinding" supaya orang tidak mendekatinya. Bicaranya tajam dan menyakitkan karena ia tidak bisa mengkomunikasikan perasaannya. Pada kasus keluarga Yoshimi, Naru yang benci kegagalan sebenarnya marah pada diri sendiri, tapi ia melampiaskan pada teman-teman SPR. Amarah Mai membuka mata Naru supaya menurunkan gengsinya, maka ia menggunakan kekuatannya meski beresiko tinggi. Identitas asli Naru adalah Oliver Davis [note: kalian gak bakal tau kalo cuman nonton animenya, whwh coz ini cuma ada di novel :p], profesor peneliti fenomena gaib berkemampuan PK-ESP. Ia datang ke Jepang untuk mencari mayat kakak kembarnya Eugene Davis. Rasa dukanya ditunjukkan melalui baju hitam yang selalu dikenakannya.
Seiyuu: Tai Yuuki [John Barnet-Dancougar Nova]


Taniyama Mai









Kemampuan Mai adalah bisa melihat apa saja yang telah atau akan terjadi melalui mimpi, kemampuan ini terbukti beberapa kali membantu SPR menyelesaikan kasus. Mai yang lembut dan sensitif selalu bertengkar dengan Naru yang dianggapnya "Kejam". Walau merasa terintimidasi, Mai tidak segan memarahi Naru kalau dianggapnya sudah keterlaluan. Ia bingung mengapa bisa menyukai Naru yang sering membuatnya sebal. Ia tertarik "Naru" dalam mimpi yang selalu baik dan tersenyum kepadanya. Fakta bahwa "Naru" dalam mimpi sebenarnya Gene sempat membuatnya sedih. Mai tidak menyesal mengalami hal menakutkan dan terkadang menyedihkan semenjag bergabung dalam SPR karena ia menikmati kebersamaan bersama anggota SPR yang dianggapnya keluarga tempatnya pulang kembali.
Seiyuu: Nazuka Kaori[Nabuto Sana-Innocent Venus]


Lin Kojou








Asisten Naru dari Hongkong ini tidak banyak bicara. Ia datang ke Jepang atas permintaan ayah Naru untuk mendampingi putranya. Lin adalah Doushi yang menguasai sihir kuno China dan memiliki 5 "shikigami". Walau jabatannya asisten, Lin berani memarahi Naru, bahkan Naru sedikit gentar kalau diomeli Lin. Lin mengajari Naru mengontrol kekuatannya dan mengawasi supaya tidak sembarangan menggunakannya. Lin menjaga jarak dari orang lain karena membenci orang Jepang. namun belakangan ia jadi sedikit ramah dan sering tersenyum kepada orang lain.
Seiyuu: Narita Ken[Jeremiah Gottwald-Code Geass ~Hangyaku no Lelouch~]


Hara Masako









Masako adalah "kuchiyose" atau medium spirit terkenal yang sering tampil di TV. Ia tahu identitas asli Naru karena pernah melihat video rekaman Oliver Davis. Rahasia ini dimanfaatkan Masako supaya Naru mau diajaknya jalan berdua. Namun dalam hatinya Masako takut Naru membencinya. Masako cemburu pada Mai karena Naru memanggil Mai hanya dengan nama kecil saja. Lama kelamaan Masako menganggap Mai sebagai teman, itu bisa terlihat saat Masako mulai memanggil Mai tidak lagi "Taniyama".
Seiyuu: Kugimiya Rie [Louise Francouise Le Blanc de La Valliere-Zero no Tsukaima]


Matsuzaki Ayako









Melihat penampilannya dan dandanannya, siapa yang percaya gadis cantik ini adalah seorang Miko[Shinto]. Semua meragukan kemampuan Ayako karena ia selalu melakukan Jourei. Bukannya Ayako tidak berguna dan sekedar nampang, namun sumber kekuatannya berasal dari pohon dan alam. Ia memperlihatkan kemampuannya dalam kasus keluarga Yoshimi. Ayako senang menggoda dan meledek Naru, tetapi jarang berhasil membalas kata-kata tajam Naru. Paling sebal kalau sudah disinggung mengenai umurnya.
Seiyuu: Suzuki Masami[Saotome Yuuka-Suzuka]


Takigawa Houshou









Biksu [Budha] funky dari gunung Koya berpenampilan santai ini disapa Bou-san. Bou-san sangat sabar, ia jarang marah menanggapi ucapan ketus Naru. Bou-san memperlakukan Mai layaknya adik atau anak sendiri, perhatiannya semakin bertambah setelah tahu Mai yatim piatu. Karena itu ia memarahi Mai ketika menggunakan kuji sembarangan tanpa tahu resikonya. Biksu yang punya profesi sampingan sebagai bassist ini dapat diandalkan. Sewaktu Naru "ditidurkan", Bou-san mengambil alih tugas Naru memimpin penyelidikan kasus yang dihadapi saat itu.
Seiyuu: Hamada Kenji[Abe Masahiro-Tenpou Ibun Ayakashi Ayashi]


John Brown









John adalah pastor dan exorcist kebangsaan Australia, ia menggunakan air suci[Holy Water] dan membaca alkitab saat melakukan exorcise. Wajahnya imut sehingga terlihat lebih muda dari umur sebenarnya. Paling enak digoda karena mukanya gampang memerah. John sangat diplomatis sehingga ia menjadi penengah kalau ada yang bertengkar. Ia menggunakan logat kansai saat bicara dan penggunaan kosakatanya kadang kurang tepat, membuat yang lain tertawa atau mengerutkan kening.
Seiyuu: Okamoto Nobuhiko


Yasuhara Osamu









Cowok bernama Yasuhara Osamu ini terlihat selalu senyum, namun lidahnya tidak kalah tajam dari Naru. Ia bisa membalas celaan atau godaan orang lain berlipat kali lebih sadis. Yasuhara senang bercanda, tapi ia tahu kapan saatnya harus serius dan dapat diandalkan, maka Naru membiarkannya membantu SPR, apalagi Yasuhara juga jago mengumpulkan informasi. Kepercayaan tersebut dibalas Yasuhara dengan langsung datang menolong SPR saat kasus keluarga Yoshimi.
Seiyuu: Okano Kousuke[Takasato Kaname-Juuni Kokki]


Eugene Davis









Sebenarnya ialah "Naru" yang dijumpai Mai dalam mimpinya. Sejak kecil Gene dan Noll [nama kecil Naru sebagai Oliver Davis] diangkat anak oleh pasangan dari Inggris. Gene bisa bertelepati dengan Naru kalau mereka sedang berjauhan dan membantu adiknya mengontrol kekuatannya. Kakak kembar Naru ini ditabrak Mobil ketika di Jepang, mayatnya dibuang ke danau oleh si penabrak. Sebelum meninggal, Gene memberikan petunjuk pemandangan tempatnya meninggal pada Naru. Sebelum menghilang, Gene berjanji akan kembali menemui Mai 100 tahun lagi. [Note: semuanya mengenai Gene cuman ada di Manga n Novel!].
Seiyuu: Tai Yuuki.


The Scenes:




































Omake!!!:

ESP
Extra-Sensory Perception
adalah kemampuan mendapatkan informasi selain menggunakan 5 indera utama. ESP juga disebut sebagai indra keenam/sixth sense.

Psychokinesis
Kemampuan yang dimiliki Naru salah satunya adalah Psychokinesis [PK]. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya mind-movement. Istilah lainnya adalah Telekinesis atau TK. Orang yang memiliki kemampuan ini bisa menggerakkan benda tanpa menyentuhnya.

Psychometri
Istilah ini diciptakan oleh Joseph R. Buchanan yang diambil dari bahasa Yunani pada tahun 1942. Orang yang mempunyai kemampuan ini bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu berkaitan dengan benda yang disentuhnya, bahkan kadang merasakan emosi orang yang pernah menyentuh benda itu.

Poltergeist
Berasal dari bahasa Jerman poltern, [mengetuk] dan geist [spirit]. Gangguan yang dilakukan biasanya memindahkan atau melempar benda, membuat suara ribut, adanya bau aneh, kadang menyerang orang-binatang. Dalam beberapa kasus biasanya poltergeist disebabkan kekuatan PK tersembunyi dalam diri seseorang. Gangguan poltergeist muncul dan hilang secara mendadak, gangguan bisa berlangsung selama berjam-jam sampai berbulan-bulan.

Kuchiyose
Ilmu memasukkan roh ke dalam tubuh, sehingga roh tersebut bisa berbicara melalui mulut medium. Biasanya dilakukan oleh Miko / orang dengan kemampuan supranatural. Kuchiyose ada beberapa jenis, antara lain Kamikuchi [jika rohg yang dipanggil adalah 'roh suci' atau 'dewa'] dan Hotokekuchi [roh yang dipanggil adalah roh orang mati].

Nina Kulagina
Wanita ini adalah psychic terkenal yang disebut dalam kasus Bloody Labirynth. Nina lahir di Rusia tahun 1920 dan memiliki kemampuan PK tinggi, sehingga dijadikan penelitian akademis oleh Rusia selama 25 tahun. Rekaman film hitam putih menunjukkan kemampuan Nina memindahkan benda di meja tanpa menyentuhnya. Nina juga berhasil membuat jantung kodok berdetak lebih cepat, lalu memelan, sebelum akhirnya berhenti. Akhir tahun 1970 Nina kena serangan jantung dan meninggal karena berlebihan menggunakan kekuatannya dibawah tekanan.


Rating : 13+
Genre : Horror Mystery
Format : TV-Series

Download Anime:
[note: file type: avi]

Episode 1 - Fill with evil spirits!? #1
Episode 2 - Fill with evil spirits!? #2

Episode 3 - Fill with evil spirits!? #3
Episode 4 - The Doll House #1
Episode 5 - The Doll House #2
Episode 6 - The Doll House #3
Episode 7 - The One Who Curses After School #1
Episode 8 - The One Who Curses After School #2
Episode 9 -
The One Who Curses After School #3
Episode 10-The One Who Curses After School #4
Episode 11- A Ghost Story In The Park
Episode 12- Silent Christmas #1
Episode 13- Silent Christmas #2
Episode 14- The Forbidden Play #1
Episode 15- The Forbidden Play #2
Episode 16- The Forbidden Play #3
Episode 17- The Forbidden Play #4
Episode 18- The Bloodstained Labyrinth #1
Episode 19
- The Bloodstained Labyrinth #2
Episode 20
- The Bloodstained Labyrinth #3
Episode 21
- The Bloodstained Labyrinth #4
Episode 22- The Cursed House #1
Episode 23- The Cursed House #2
Episode 24- The Cursed House #3
Episode 25- The Cursed House #4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar